Kenali Jenis dan Keunggulan Sistem Cashless Payment Indonesia

Cashless payment Indonesia memanfaatkan kecanggihan teknologi daripada membawa uang tunai untuk transaksi. Pergeseran konsep ini mampu mempengaruhi penjual dan pembeli. Cashless itu sendiri memiliki arti tanpa uang tunai. Dengan begitu, sistem cashless bisa diartikan sebagai suatu sistem dimana semua transaksi yang dilakukan tak lagi menggunakan uang tunai secara fisik, akan tetapi melalui media elektronik. Sebut saja kartu debit dan dompet virtual.

Meski sistem ini sudah mulai digerakkan dengan tujuan untuk memberikan manfaat, nyatanya ada hal yang merugikan juga. Dibalik semua hal tersebut, pengguna cashless mengaku lebih nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi dengan sistem ini. Selain itu, sistem tanpa uang tunai ini juga terbukti bisa mendukung pertumbuhan masyarakat cashless. Untuk info lebih jelasnya, anda simak saja ulasan lengkap yang kami bagikan berikut ini.

Kenali Jenis dan Keunggulan Sistem Cashless Payment Indonesia

Jenis Cashless Payment Indonesia

Jenis sistem cashless payment yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Adapun beberapa jenis cashless payment di Indonesia diantaranya yaitu:

1. NFC Payments

NFC (Near Field Communication) adalah teknologi transaksi jarak dekat yang berkaitan dengan MST (Magnetic Secure Transmission). Saat melakukan pembayaran, pembeli tak membutuhkan kartu untuk digesek pada mesin POS. Anda hanya perlu mendekatkan alat elektronik berteknologi NFC dan MST, seperti smartphone.

2. Digital Wallet Payment

Digital Wallet Payment sudah sangat familiar bagi anda yang hobi jual beli di e-commerce maupun marketplace. Perlu diketahui, tiap platform mempunyai wallet berbeda dengan berbagai reward untuk mencuri minat user supaya mau menyimpan uangnya pada akun e-wallet. Dalam jenis cashless ini terdapat fitur transfer antar user dan diskon harga pembelian produk tertentu.

3. Sound-Based Payments

Jenis cashless payment Indonesia lainnya ialah Sound-Based Payments. Dengan sistem cashless (tanpa uang tunai), metode payment (pembayaran) yang satu ini membutuhkan software untuk mendukung contactless transaction lewat teknologi gelombang suara. Dalam hal ini, pengguna harus mendownload aplikasi pendukung yang ada di smartphone. Setelah itu, meregistrasi kartu dan data diri. Saat melakukan pembayaran, anda bisa langsung transaksi tanpa kartu.

Keunggulan sistem cashless Indonesia

Keunggulan Sistem Cashless Payment Indonesia

Sistem cashless payment di Indonesia menawarkan beragam keunggulan yang pastinya membuat penggunanya merasa beruntung. Adapun salah satu keunggulan sistem cashless payment ialah nyaman dan efisien. Hanya dengan tap (ditempel) saja, anda sudah bisa melakukan transaksi pembayaran. Selain nyaman, sistem yang satu ini juga terbukti lebih efisien dalam menghemat waktu dan tenaga.

Tak hanya nyaman dan efisien, sistem cashless payment yang ada di Indonesia juga mampu memudahkan anda dalam meninjau transaksi. Dengan melakukan transaksi secara cashless, transaksi anda akan mempunyai jejak. Anda pun bisa lebih mudah melacak transaksi apa saja yang anda lakukan. Tak hanya jumlah transaksi, sistem cashless payment juga membantu anda dalam mengetahui tempat dan waktunya. Kemudahan dalam melakukan tracking ini bisa membantu anda untuk mengendalikan transaksi yang dilakukan. Dengan begitu, tak akan ada penyalahgunaan apapun. Anda juga bisa memangkas pengeluaran ketika sudah berlebihan. Cashless payment semakin menguntungkan karena sering menawarkan promo menarik. Dengan anda memanfaatkan promo ini, anda bisa lebih hemat pengeluaran. Akan terasa semakin untung lagi apabila anda memilih Prismalink. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun lamanya di bidang payment gateway, Prismalink akan membekali penggunanya dengan fasilitas VA (Virtual Account), Billing Payment service, QR Code Payment, pembayaran via Indomaret dan Alfamart, White Label Apps dan sudah menjalin kerjasama dengan bank-bank besar. Cashless payment Indonesia yang satu ini benar-benar memudahkan anda dalam melakukan transaksi pembayaran.

Reply