Perkembangan E-Payment Indonesia Beserta Manfaat Pembayarannya

Apa yang dimaksud dengan e-payment dan seperti apa perkembangan e payment Indonesia saat ini? Sebelum kita bahas lebih jauh, terlebih dahulu kita akan bahas tentang apa itu e-payment. Jika anda suka berbelanja online, pastinya sudah tidak asing dengan step mudah saat membeli produk atau jasa yang dilakukan secara online. Anda hanya cukup memilih produk atau jasa yang diinginkan. Lalu bisa menghubungi pihak penjual dan melakukan transaksi pembayaran.

Setelah melakukan transaksi pembayaran, anda duduk manis dirumah saja sambil menunggu barang atau jasa pesanan diantar hingga ke rumah anda. Konsep belanja online seperti ini lebih dikenal dengan sebutan e-commerce. Transaksi jual beli secara online bukan hanya mengandalkan fasilitas transfer dana dari pihak bank saja. Supaya proses transaksinya lebih aman, anda bisa menggunakan metode pembayaran lain yang disebut dengan e payment. Seperti apa e-payment Indonesia itu, dan bagaimana prosesnya? Berikut kami sampaikan ulasan lengkapnya.

Apa Itu E-Payment Indonesia?

Pengertian e payment yaitu sistem pembayaran yang memakai fasilitas internet sebagai salah satu sarana perantaranya. Sekarang ini sudah banyak startup yang memfasilitasi pihak penjual dan juga pembeli. Seperti Prismalink yang menghadirkan jaminan keamanan dalam transaksi e-commerce.

Agar dapat menjamin proses dari transaksi tersebut, maka startup yang menjadi perantara nantinya akan bekerja sama dengan berbagai lembaga perbankan. Dalam memfasilitasi e-payment secara cepat aman dan juga praktis.

Manfaat Menggunakan Fasilitas E-Payment

Saat anda menggunakan fasilitas berupa e-payment ini, maka pihak penjual dan pembeli akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Diantaranya adalah:

Sistem transaksi yang dilakukan sangat mudah dan bisa dilakukan secara universal. Selama transaksi tersebut berada di dalam satu wilayah negara. Selain itu, keamanan dari transaksi yang anda lakukan akan lebih terjaga. Jika dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan secara cash atau transaksi dengan transfer rekening pribadi. Penggunaan waktu serta tenaga menjadi lebih efisien dan lebih simple saat menggunakan fasilitas e payment ini.

Dengan begitu, banyak manfaat yang akan didapatkan. Lantas siapa saja pihak yang bisa terlibat di dalam fasilitas e-payment. Hingga saat ini ada beberapa pihak yang bisa terlibat di dalam penggunaan serta penyediaan fasilitas e payment. Diantaranya adalah pihak penjual yang menerima e-payment. Pihak pembeli yang akan melakukan pembayaran dengan menggunakan metode e-payment.

Lembaga bank atau lembaga non bank sebagai issuer dan pihak pengontrol regulasi atau pihak regulator. Dalam hal ini pihak regulasi biasanya adalah pihak yang bertugas untuk mengawasi dan mengatur proses e payment. Pemerintah lah yang dalam hal ini bertindak sebagai regulator.

Perkembangan E Payment Indonesia Beserta Manfaat Pembayarannya

Potensi E-Payment Indonesia Saat Ini

Perkembangan e-commerce harus didukung dengan berbagai infrastruktur. Seperti sistem pembayaran yang lebih mudah, sistem pembayaran yang lahir dari jayanya e-commerce adalah lahirnya sistem elektronik payment atau yang sering dikenal dengan e payment. Dengan banyaknya kemudahan dan juga keunggulan yang ditawarkan e payment bisa mempercepat transaksi pembayaran.

Di indonesia sendiri,  ada beberapa perusahaan payment yang sudah menjelajah ke ranah bisnis berupa online payment gateway. Diantaranya adalah Veritrans, Doku, Prismalink dan lain sebagainya. Ini tidak lepas dari besarnya potensi bisnis e payment yang ada di Indonesia. Dengan seiring berjalannya waktu, maka e payment mulai hadir dalam berbagai macam fitur. Seperti e wallet, e-cash, smart card, micropayment dan lain sebagainnya. Masing-masing fitur e-payment itu pasti memiliki fungsi, keunggulan dan karakteristik masing-masing.

Melihat potensi yang begitu besar tentu saja bisnis e payment Indonesia akan terus berkembang pesat. Dengan catatan metode pembayaran e-payment tetap terfokus pada kegunaan dan keamanannya. Sebab keduanya adalah aspek penting yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Reply